BERITA TERKINIDAERAHHukum Dan KriminalNasional

*Sekda Konsel Bersama Jajaran Disnakertrans Prov Sultra Salurkan Bantuan Bagi Warga Trans Roda.*

ANDOOLO.Lintasdinamika.com,Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Selatan, Ir. Drs. H. Sjarif Sajang, M.Si menyerahkan bantuan Obat-obatan, Satu Set Alat Musik Kesenian Gamelan dan Elekton, serta Peralatan Olahraga bagi warga Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) Desa Roda, Kecamatan Kolono, Senin (8/7/2019).

Bantuan merupakan hasil kerjasama antara Pemprov Sultra melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) dan Pemda Konsel yang di peruntukkan bagi 118 KK UPT Desa Roda yang telah bermukim +/- 3 tahun lamanya hingga kini.

Turut mendampingi penyaluran bantuan total senilai Rp200 juta tersebut, Kadisnakertrans Konsel, Saala,ST., MT, Kabag Humas, Muh Taufik Amin Lar, AP., M.Si, Kabid Pembinaan dan Pengembangan Kawasan  dan Masyarakat Disnakertrans Prov Sultra, Kadir, SE, Kasie Pengembangan Sosbud, Sunaryo, SE, Kasie pengembangan usaha Disnakertrans Sultra, Nyoman Widya, SE, Kepala UPT Desa Roda, Suparlin, SH dan Korades UPT, Darwis Konggoasa.

“Atas nama Pemda Konsel, kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas sinergi antara Pemkab dan Pemprov Sultra, sehingga hari ini bisa kita salurkan bantuan ini kepada warga UPT Desa Roda, dan berharap bisa di mamfaatkan demi kepentingan bersama dan kemajuan daerah,” kata Sekda Konsel, Sjarif Sajang mengawali sambutannya.

Bantuan ini bisa kita realisasikan setelah menyerap keinginan masyarakat dan mengajukan melalui usulan di Kabupaten hingga ke Pemprov, jadi, ucapnya, bagi warga yang ingin mengembangkan bakatnya, baik dibidang kesenian dan olahraga yang postif sudah tidak ada kendala, karena telah tersedia peralatannya.

Terkait lahan satu yang di minta masyarakat beberapa tahun lewat, Sjarif mengatakan, bahwa Pemda bersama Pemprov telah mengkomunikasikan ke pihak Dirjen Transmigran dan Dirjen Pertanian, yang telah menyetujui untuk dilepas kemasyarakat sesuai kesepakatan awal Pemerintah Pusat.

“Setelah 2 tahun lalu bersama Bupati berkunjung kesini mengenai lahan, kami langsung bersurat ke dua Dirjen diatas, alhamdulillah telah dianggap clear dan sudah di serahkan kemasyarakat, tentu, kita berharap tidak ada permasalahan lahan lagi yang timbul kedepan,” imbuhnya.

Menyinggung kondisi jalan sejauh 3 km yang menghubungkan UPT dengan induknya Desa Roda, Mantan Kadishub Kota ini, akan menyampaikan ke Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga untuk segera di tingkatkan jalannya, agar masyarakat mudah memasarkan hasil pertanian dan perkebunan serta urusan lainnya.

“Jalan ini segera kita usulkan peningkatannya, termasuk pemenuhan tenaga pendidik baik dari ASN maupun tenaga honorer yang bermukim dekat area trans ini, agar bisa lebih fokus dalam mendidik, sehingga anak-anak trans tidak ada yang putus sekolah,” ucapnya.

Ini semua bentuk sinergitas antar semua pihak dan kepedulian Pemkab Konsel terhadap masyarakatnya tanpa pilih kasih, tandas Sjarif, juga untuk mendorong wilayah ini bisa cepat maju di semua lini dan masyarakatnya lebih sejahtera.

Sedangkan menurut Kabid Pembinaan dan Pengembangan Kawasan  dan Masyarakat Disnakertrans Prov Sultra, Kadir, menjelaskan bahwa bantuan berupa musik gamelan, elekton lengkap sound system dan alat olahraga sepak bola, bola volly dan tenes meja satu set serta obat-obatan generik jenis OSSE, OSE dan OE (antibiotik, penurun panas dan nyeri/obat dalam serta obat asam lambung) ini bersumber dari APBN yang melekat di Disnakertrans Prov Sultra, yang merupakan hasil sinergitas jajarannya dan Pemkab Konsel untuk melengkapi bantuan yang telah diberikan beberapa tahun lalu kepada masyarakat UPT Desa Roda.

Untuk diketahui, UPT Desa Roda merupakan area transmigrasi yang bermukim sejak Tahun 2016, masyarakat dari Daerah Bali, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

*Kaprwil Sultra Edi*

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button