*Pemuda Desa Minta inspektorat buteng periksa kades yang belum buat baliho APBDesa*

0

Kendari Lintasdinamika.com, Salah satu oraganisasi yang tergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pemuda Desa (Pemantau Dana Desa) meminta inspektorat Buton Tengah (Buteng) provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) agar memeriksa para Kepala Desa Buteng yang belum membuat reklame atau Baliho APBDesa tahun 2019

Direktur LSM Pemuda Desa Andisar mengatakan bahwa sebelum kami melakukan peninjauan disemua desa yang ada di kabupaten Buteng kami melihat masih banyak para kepala desa yang belum membuat baliho APBDesa 2019.

“Tentunya dengan pembuatan baliho APBDesa agar masyarakat bisa mendapatkan keterbukaan tentang pengelolaan Dana Desa (DD) maupun Anggaran Dana Desa (ADD) dimana masyarakat berhak untuk mengetahui sesuai dengan UU Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik,” Ungkap Andisar kepada Lintasdinamika.com.Rabu, (26/6/19).

Hal ini akan terus terjadi manakala pihak-pihak terkait yang sesuai kewenangannya melakukan pembiaran sehingga pengelolaan DD dan ADD yang tidak pernah terkonrol, “olehnya itu kami berharap kepada Inspektorat kabupaten Buteng agar segera melakukan pemeriksaan terhadap para kepala desa yang belom membuat Baliho penggunaan DD dan ADD (APBDesa 2019),” Ujarnya

Kami pikir ini adalah tugas dari inspektorat yang tentunya harus memeriksa anggran pengelolaan DD dan ADD disemua Desa yang ada di Buteng. Hal-hal seperti ini para kepala desa jangan selalu dibiarkan sebab DD dan ADD yang masuk kedesa setiap tahunnya mencapai kurang lebih dari 1 M, maka dari itu perlu adanya ketegasan kepada pihak-pihak terkait untuk mengontrolnya.

“Seharusnya inspektorat harus berperan aktif sebab masuknya DD dan ADD sejak 2015 s/d 2019 anggaran yang masuk kesetiap Desa kurang lebih 6 M. Kami berharap inpektorat Buteng agar memeriksa Rencana Anggaran Biaya (RAB) penggunaan DD dan ADD di tahun 2019 dengan baik dan penuh tanggung jawab.,” Harap mantan Aktifis UHO.

*Kapwil sultra Edi*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here