Inspektorat Kabupaten Lampung Utara membenarkan terkait surat pemberitahuan rencana (Bimtek)

0

Lintas Lampung Utara : Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Inspektorat Kabupaten Lampung Utara membenarkan terkait surat pemberitahuan rencana pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kepala desa dan Sekertaris Desa di Bali & Yogya yang telah mereka terima, hal tersebut di ungkapkan Kepala Inspektorat Kabupaten Lampung Utara Mankodri, Jum’at (8/11) Kemarin.

“benar sudah diterima (surat) APDESI,pada prinsipnya mereka mengundang untuk mengikuti kegiatan itu. Tapi saya sampaikan kepada mereka bahwa kami menunggu intruksi pimpinan.” jelas Mankodri.

Masih kata dia, jika nantinya memang diperlukan dan telah mendapat intruksi dari Plt.Bupati Lampung Utara, pihaknya siap untuk mendampingi hingga kegiatan usai. “Manakala nanti kita diperlukan dikegiatan itu dan ada disposisi itu ya kita siap untuk ikut pendampingan itu.” pungkasnya.

Sementara itu, Edward Ketua APDESI Lampung Utara saat di konfirmasi dengan tegas mengatakan apa yang sudah terencana sejak tahun 2017 hingga 2019 ini, bentuk kegiatan itu sudah tersusun dan teragenda, tertundanya pelaksanaan kegiatan oleh sebab keuangan kita Lampung Utara yang sedang difisit ketika itu, kata dia.

“Dengan adanya kesempatan dan keadaan keuanganya ada, maka pelaksanaan kegiatan Bimtek Kades 232 Se-Lampung Utara dan Sekdes Se-Lampung Utara akan di laksanakan segera, alasanya dua tahun berturut-turut Angaran Bintek selalu menjadi SILPA, masa tahun ini mau jadi SILPA lagi? membuat APBdes itu bukanya mudah, harus di rombak lagi-di rombak lagi”, ujarnya.

Disinggung mengenai isu di luar bahwa Pemateri berasal dari Lampung Utara dengan tegas Edward menyampaikan hal tersebut tidak lah benar.

“Pemberi Materi Bimtek yang akan di laksanakan jelas berasal dari Kementerian yang membidangi dan yang berkaitan dengan Penggunaan Dana Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengelolaan Keuangan Desa, maka sayapun tegaskan, kepada seluruh peserta Bimtek sampai disana serap semua dari Pemateri, jangan cuma selfi-selfi aja”.

Lanjutnya, ini bukan ajang pelesiran atau jalan-jalan ini adalah amanah Perangkat Desa, bagaimana kita mengembangkan Desa Tertinggal bisa menjadi Desa Berkembang dari Desa Berkembang bagaimana kita menjadikan Desa kita menjadi Desa Maju dan Desa Mandiri, ini perlu ilmu pengetahuan yang sangat luas dan membangun Sumber Daya Manusia SDM yang berkualitas, Jelas Edward.

Mengenai kritik saran pendapat akhir-akhir ini, dirinya berterima kasih atas apa yang di sampaikan rekan-rekan yang tergabung di Oramas/LSM/Mahasiswa atau perseorangan, “kritik dan saran adalah merupakan sebuah motivasi kami bagaimana apa yang didugakan kepada kami, itu nanti akan ada pembuktian dari kami,apakah Bintek ini ada kepentingan atau memang benar-benar, tujuan mulia demi kemajuan masyarakat Desa dan SDM Desa dalam membangun Desa, sekali lagi kami sangat berterima kasih atas saran pendapat untuk kami”, tutupnya. (Edian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here